Senin, 21 Januari 2013

Senin, 21 Januari 2013 | 16:49 WIB | 800 Ribu Orang Hadiri Pelantikan Obama Dibuka Drum Band AL Int





SUMRINGAH. Presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle bersama Wakil Presiden AS Joe Biden dan istrinya Jill tampak sumringah menjalani periode keduanya. Obama secara resmi telah dilantik secara tertutup, Minggu, 20 Januari 2013, di Gedung Putih.







BURANGRANG  DC, SUKHOY -- Pelantikan Presiden Amerika Serikat Barack Obama hari ini, hanya akan dihadiri 800 ribu orang. Pada periode pertamanya tahun 2009 pelantikan dihadiri lebih dari 2 juta orang.
Pelantikan Obama sebenarnya sudah berlangsung Minggu, 20 Januari 2013. Obama diambil sumpahnya dalam sebuah upacara tertutup di Gedung Putih, yang berarti Obama telah memulai periode keduanya Minggu, kemarin.

Dilansir voaindonesia.com, Obama dilantik kemarin, karena Konstitusi Amerika mengharuskan presiden dilantik 20 Januari. Karena tanggal itu jatuh pada hari Minggu, presiden akan kembali diambil sumpahnya hari Senin, hari ini, dalam upacara tradisional di hadapan umum di depan gedung Capitol yang menghadap tugu Monumen Nasional.

Upacara diperkirakan tidak akan sebesar inaugurasi presiden Obama yang pertama, ketika hampir dua juta orang datang untuk menyaksikan pengambilan sumpah presiden Amerika keturunan Afrika yang pertama. Tahun ini, sekitar 800.000 orang diperkirakan akan menghadiri inaugurasi kedua dan terakhir Presiden Obama.

Obama diambil sumpahnya Minggu dengan meletakkan tangannya di atas kitab Injil milik keluarga ibu negara Michelle Obama.
Sementara itu, untuk upacara pelantikan hari ini, upacara pelantikan Presiden Barack Obama untuk masa jabatan kedua, di Gedung Capitol di Washington DC, dibuka drum band Angkatan Laut AS.

Ketua Komite Upacara Inagurasi Senator Charles E Schumer mengatakan drum band Angkatan Laut itu akan tampil bersama P.S. 22 Chorus, kelompok paduan suara yang beranggotakan 65 pelajar kelas lima SD dari Staten Island, negara bagian New York serta kelompok paduan suara dari Universitas Lee di Cleveland, negara bagian Tennesee.

Acara akan dilanjutkan dengan pembacaan doa pembuka oleh Myrlie Evers-Williams, mantan ketua Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna dan janda dari aktivis HAM Medgar Evers.

Hakim Agung Sonia Sotomayor akan melakukan pengambilan sumpah jabatan Wakil Presiden Joe Biden. Sementara sumpah jabatan Presiden Obama akan dilakukan oleh Hakim Ketua John G. Roberts Jr. Dalam pengambilan sumpah, Obama akan menggunakan dua Alkitab, yaitu Alkitab yang pernah digunakan Presiden Lincoln dalam pelantikan pertamanya, serta Alkitab yang pernah digunakan Dr. Martin Luther King. (sukhoy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar